Articles Comments

INFO KESEHATAN » Uncategorized » Sekilas Tentang Fakultas Kedokteran Unissula

Sekilas Tentang Fakultas Kedokteran Unissula

MAKALAH SEKILAS TETANG

FAKULTAS KEDOKTERAN UNISSULA

NAIM ISMAIL IMUNU

012116463

UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG

SEMARANG

2012


KATA PENGANTAR

Puji dan syukur saya panjatkan kehadirat Tuhan yang Maha Esa, karena atas limpahan rahmat dan karunia-Nya sehingga saya dapat menyelesaikan makalah yang sederhana ini dengan tepat waktu. Adapun judul makalah yang dimaksud yaitu “Sekilas Tetang Fakultas Kedokteran Unissula”.

Makalah ini saya tulis dari hasil penyusunan data-data sekunder yang saya peroleh dari media elektronik yang berhubungan dengan Fakultas Kedoteran Unissula

Saya harap, dengan membaca makalah ini dapat memberi manfaat bagi kita semua, dalam hal ini dapat menambah wawasan kita mengenai Fakultas Kedokteran Unissula. Memang makalah ini masih jauh dari kesempurnaan, maka dari itu saya penulis mengharapkan kritik dan saran dari pembaca demi perbaikan menuju arah yang lebih baik.

Atas semua dukungan, kritik dan saran saya mengucapkan banyak terima kasih.

Semarang, 2 November 2011

Penulis

DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR. i

Daftar Isi ii

Daftar Gambar. iii

1. Sejarah Unissula. 1

2. Sekilas Unissula. 2

3. Fakultas Kedokteran Umum Unissula. 4

3.1. Gedung dan Fasilitas. 4

3.2. Laboratorium.. 5

3.3. Perpustakaan. 5

DAFTAR PUSTAKA.. 6


DAFTAR GAMBAR

Gambar 1 : Rumah Sakit Islam Sultan Agung  1

Gambar 2 : Gedung Fakultas Kedokteran Unissula. 2

Gambar 3 : Laboratorium FKU Unissula. 4


1. Sejarah Unissula

Gambar 1 : Rumah Sakit Islam Sultan Agung

Unissula didirikan oleh Yayasan Badan Wakaf Sultan Agung (YBWSA) pada tanggal 16 Dzulhijjah 1381 H, bertepatan dengan 20 Mei 1962 M, Tiga fakultas telah dibuka yakni Fakultas Agama Islam, Fakultas Ekonomi dan Fakultas Ilmu Pasti Alam. Pada tahun berikutnya didirikan Fakultas Kedokteran (10 Oktober 1963). Fakultas Hukum dan Pengetahuan Masyarakat, dan Fakultas Teknik kemudian menggantikan FIPIA dibuka pada tahun berikutnya, bersama dengan semangat untuk meningkatkan pengetahuan melalui penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi. Sekarang, Unissula telah berkembang menjadi universitas terkemuka dengan 11 Fakultas dan 24 Program Sarjana (S1) dan 5 Program Pascasarjana (S2) serta Diploma 3 (D3) Sebagai salah satu Universitas Islam terkemuka di Indonesia dengan pengalaman lebih dari 48 tahun, Unissula memiliki peran strategis bagi Indonesia dan dunia Islam pada khususnya. Dengan demikian, prestasi di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi harus dicapai serta sumber daya manusia yang berkualitas akan terus diciptakan. Menyelenggarakan pendidikan tinggi islam yang berorientasi pada kualitas dan kesetaraan universal melalui penerapan budaya akademik islami.

2. Sekilas Unissula

Unissula yang telah mencanangkan diri sebagai World Class Islamic Cyber University[1] dengan moto besarnya “bismillah membangun generasi khaira ummah” merupakan sebuah perguruan tinggi swasta tertua dan terbesar di Jawa Tengah, yang mampu memadukan antara kebutuhan dunia dan kebutuhan akhirat secara bersama-sama. Nilai-nilai keislaman inilah yang menjadi ruhnya universitas. Unissula adalah kampus modern yang selalu membuka diri untuk setiap perkembangan zaman,

dan terus membangun connectivitas dengan berbagai institusi baik di tingkat local, nasional maupun global. Unissula juga merupakan sebuah perguruan tinggi yang unik, dimana dalam setiap aktivitas akademisnya selalu menjunjung tinggi nilai-nilai Islam sebagaimana yang diajarkan oleh Qur’an[2] dan hadists[3]. Sebagai sebuah kampus yang berada di tengah menggeliatnya teknologi informasi komunikasi, maka Unissula juga telah mencanangkan diri untuk bermigrasi dari analog ke digital dengan mengusung teknologi Digital Multimedia Broadcasting (DMB) sebagai tools-nya. Teknologi ini akan menjadikan Unissula sebagai satu-satunya universitas yang melakukan convergence antara data, sudara dan gambar didalam pelayanan akademis dan administrasinya.

Sebagai sebuah universitas berkelas dunia, maka penggunaan bahasa Inggris dan Arab merupakan sebuah keharusan, baik untuk dosen maupun mahasiswanya. Sehingga mereka mampu berinteraksi dan memiliki tingkat kepercayaan yang tinggi disaat harus menghadapi lingkungan global.

Sebagai kampus terbesar di Jawa Tengah, maka Unissula yang berada di kampus terpadu dengan luas area 35 ha, menjadi tempat yang hijau, teduh, nyaman dan representative untuk aktivitas akademis maupun pengembangan diri. Disini mahasiswa dan dosen saling bersinergi untuk membawa Unisula menuju kampus khaira ummah. Sebuah kampus yang mencetak generasi-generasi terbaik masa kini.


3. Fakultas Kedokteran Umum Unissula

Saat ini, Fakultas Kedokteran menerapkan 2 kurikulum berbeda yang berkelanjutan. Yang pertama yaitu KIPDI II dengan metode belajar-mengajar berdasarkan kedisiplinan. Kurikulum ini diterapkan pada mahasiswa angkatan Tahun 2004. Sedangkan yang kedua yaitu KIPDI II dengan metode pembelajaran berdasarkan berbagai kasus yang terjadi di dunia kesehatan

3.1. Gedung dan Fasilitas

Fakultas Kedokteran memiliki tiga gedung (A, B, C) yang digunakan untuk kegiatan belajar mengajar, termasuk kelompok diskusi kecil, laboratorium khusus, administrasi, dll. Gedung A digunakan untuk kuliah, Kelompok Diskusi Kecil, laboratorium khusus ujian, perpustakaan dan kegiatan ekstrakulikuler[4]. Sedangkan Gedung B digunakan untuk laboratorium, rumah sakit sekolah, dan aula. Gedung C digunakan untuk kantor, ruang staf dan juga laboratorium.

3.2. Laboratorium

Laboratorium yang tersedia antara lain: Laboratorium Biologi / Bimolekuler, Fisika, Kimia / Biokimia, Anatomi, Mikrobiologi, Farmakologi, dan Terapi,  Parasitologi, Patologi Klinis, dan Patologi Anatomi. Semua laboratorium dilengkapi dengan ruang untuk diskusi kelompok kecil, Administrasi, sistem pendukung untuk setiap kuliah seperti mikroskop, pemutar VCD, TV, dll.

3.3. Perpustakaan

Tersedia 2 perpustakaan di FK UNISSULA. Yang pertama adalah Perpustakaan Konvensional[5] yang berisi buku-buku sedangkan yang lainnya yaitu Perpustakaan Digital. Perpustakaan digital sendiri dapat menampung hingga 100 orang. Dilengkapi dengan 50 unit komputer yang sudah terkoneksi dengan akses internet, jurnal online dan CD interaktif. Sementara itu, perpustakaan buku, yang juga bisa menampung hingga 100 orang, dilengkapi dengan buku-buku kedokteran, serta jurnal lokal dan internasional

DAFTAR PUSTAKA

http://www.unissula.ac.id/in/fakultas/fakulties/169


[1] Universitas Islam berkelas dunia yang menerapkan cyber

[2] Pentujuk Umat Seluruh Dunia

[3] Sabda dari Rassulullah Muhammad saw

[4] Tambahan pelajaran

[5] Menampilkan buku-buku di rak

Filed under: Uncategorized

Tinggalkan Balasan

*

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>